Analisis potensi daerah resapan air di Kabupaten Pringsewu - Propinsi Lampung

Main Article Content

Dessi Natalya Simanjuntak
Eko Rahmadi
Citra Dewi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat potensi resapan air di daerah dareah yang ada di Kabupaten Pringsewu di Propinsi Lampung. Kawasan resapan air sendiri sangat penting bagi Kabupaten Pringsewu untuk menanggulangi banjir maupun kekeringan. Oleh karena itu, maka dilakukan pemetaan dengan menggunakan sistem informasi geografis (SIG). Sedangkan untuk menentukan nilai harkat bobot masing-masing parameter, digunakan metode analytichal hierarchy process (AHP). Selanjutnya,  penentuan kawasan daerah resapan air menggunakan metode scoring, pembobotan dan overlay dengan menggunakan lima parameter yaitu tutupan lahan, curah hujan, jenis tanah, kelerengan dan formasi batuan, serta dilakukan validasi di lapangan dengan hasil sudah cukup valid atau daerah resapan air dapat diterima, dengan faktor yang paling berpengaruh adalah tutupan lahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kabupaten Pringsewu termasuk dalam daerah yang berpotensi sebagai daerah resapan air karena  50% luasannya masuk kedalam tingkat berpotensi sebagai daerah resapan air. Luasan terbesar untuk tingkat berpotensi sebagai daerah resapan air berada di Kecamatan Pagelaran Utara yaitu sebesar 17%, sedangkan untuk luasan terkecil pada tingkat berpotensi sebagai daerah resapan air berada di Kecamatan Banyumas sebesar 2.3%.

Article Details

Section
Articles

References

Manahan, S.E.:1993. In: Environmental chemistry of water: In fundamentals of environmental chemistry. LEWIS publishers, London, 1993, 373–413.

Munabi, C., Kansiime, F., Amel, A.: Variation of water quality in Kakira catchment area, Jinja – Uganda. Phys. Chem. Earth 34 (13–16), 2009, 761–766.

Hesterberg, D.: Biogeochemical cycles and processes leading to changes in mobility of chemicals in soils. Agric. Ecosyst. Environ. 67, 1998, 121–133.

Tebbutt, T.H.Y.: Principles of water quality control. fifth ed. Butterworth, New Delhi. 1998.

Erlando, E.R., Raymond, C.T., Esly, T,: Analisis pe-manfaatan ruang pada kawasan resapan air di Kelurahan Ranomuut Kecamatan Paal Dua Kota Manado. Skripsi. Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas Sam Ratulangi Manado, Manado, 2015.

Rahman, A.: Penentuan kriteria yang paling berpengaruh terhadap prestasi kerja karyawan di CV. Rimba Sentosa Sukoharjo. Skripsi. Jurusan Teknik Industri, Universitas Muammadiyah Surakarta. 2008.

Suyarto, R., Diara, W.I., Raju, B.D.: Analisis bentuk lahan untuk menentukan zona resapan air di lereng selatan kawasan Bedugul. Jurnal Agroekoteknologi Tropika. Fakultas Pertanian Universitas Udayana Denpasar, Denpasar, 2019.