Evaluasi longsor pada lereng di jalur kereta api Tarahan di Provinsi Lampung

Main Article Content

Iswan Iswan
Kristianto Usman
Muhammad Karami

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor keamanan stabilitas lereng di jalur kereta api Tarahan di Provinsi Lampung dan stabilitas lereng tanpa perkuatan dinding penahan  menggunakan analisis komputasi. Data yang digunakan berupa data hasil uji tanah pada lokasi penelitian yang dilakukan di Laboratorium Mekanika Tanah Universitas Lampung yaitu kadar air, massa jenis. berat jenis, lolos saringan nomor 200, batas atterberg, batas cair, batas plastis, indeks plastisitas, uji kuat geser, kohesi dan sudut geser dalam. Variasi kemiringan lereng sudut 30° sampai 45°, agar menghindari kelongsoran yang diakibatkan kemiringan lereng dan kondisi yang akan dianalisis adalah kondisi jenuh, jenuh sebagian, dan tidak jenuh. Adapun ketinggian lereng yang digunakan 14,5 meter dan sudut kemiringan 30° dengan kondisi tanah jenuh pada tanggul. Beban yang digunakan adalah beban statis agar tidak terjadinya longsor dan metode perhitungan yang digunakan pada program komputasi ialah metode Fellenius/Ordinary, Bishop, Janbu, dan Morgenstern-price. Hasil penelitian didapatkan nilai faktor aman terendah dengan ketinggian lereng 14,5 m, sudut kemiringan 300 dan kondisi muka air tanah jenuh pada talud sebesar 1,851  menggunakan metode Fellenius pada permodelan lereng tanpa talud. Sedangkan nilai faktor aman terbesar sebesar 1,969 dengan ketinggian lereng 14,5 m, sudut kemiringan 300 dan kondisi muka air tanah jenuh pada talud menggunakan metode bishop dengan talud

Article Details

Section
Articles

References

Hardiyatmo, H.C.: Mekanika Tanah II, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta. 2003.

Pangular, J.V.: 1985, Petunjuk penyelidikan & penanggulangan gerakan tanah. Pusat Penelitian dan Pengembangan Pengairan, Balitbang Departemen Pekerjaan Umum, 1985.

Terzaghi, K.: Mechanisms of landslides. Geotechnical Society of America, Berkeley, 1950.

Novalia: Analisis stabilitas lereng dengan simplified bishop method dan janbu menggunakan program mathcad. Jakarta, 2007.