Pengaruh jalinan lalu-lintas terhadap tundaan di Jalan Imam Bonjol dengan metode gap acceptance

Main Article Content

Muhammad Ichsan Syaditya Rama
Tas’an Junaedi
Rahayu Sulistyorini

Abstract

Di Jalan Imam Bonjol terdapat jalinan simpang dari Jalan Mangkubumi ke Jalan Sultan Badarudin, yang pada saat jam sibuk menyebabkan kemacetan dengan antrian yang panjang dan lamanya waktu tundaan. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tundaan menggunakan metode gap acceptance dan mengetahui tingkat pelayanan di simpang Jalan Imam Bonjol. Beberapa karakteristik di simpang yang di analisis adalah kecepatan, gap, gap kritis dan tundaan. Hasil penelitian  menunjukkan ke-cepatan kendaraan sangat terpengaruh oleh weaving menyebabkan kecepatannya lebih rendah. Selain itu, besarnya rata-rata tundaan di pagi hari sebesar 42,3 detik dan di sore hari sebesar 52,8 detik pada interval waktu tiap 5 menit, sehingga tingkat pelayanan simpang pada Jalan Imam Bonjol adalah E. Setelah solusi pelebaran jalan 0,5 m per lajur disimulasikan menggunakan software vissim, didapatkan tingkat pelayanan simpang menjadi B.

Article Details

Section
Articles

References

Marczak F., Daamen, W., Buisson, C.: Empirical analysis of lane changing behaviour at a freeway weaving section. Traffic Management, 3, 2016, 139-151.

Saputra, D.A., Putra S., Sulistyorini, R.: Pengaruh gap terhadap tundaan perjalanan pada simpang tak bersinyal Jl. Diponegoro–Jl. dr Cipto Mangunkusumo. Rekayasa: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung 26, 1, 2022, 5-8.

Saputra, T., Kadarini, N.: Analisa GAP pada persimpangan tak bersinyal di Jalan Komyos Soedarso - Jalan Karet Kota Pontianak. JeLAST: Jurnal PWK, Laut, Sipil, tambang, 7, 1, 2020, 1-6.

Luttinen, R.T.: Capacity and level of service at Finnish Unsignalized Intersections. Finnra Reports; No. 1/2004, 2004, 210.

McShane, W.R., Roess, R.P., Prassas, E.S.: Traffic engineering. 3rd ed. 2004, Prentice Hall, Inc. Uppes Saddle River. New Jersey.

Fernanda, R., Erwan, K.: Analisa gap acceptance pada persimpangan Jalan Prof . M . Yamin – Jalan Tani Makmur – Jalan PGA Kota Pontianak, JeLAST: Jurnal PWK, Laut, Sipil, tambang, 7, 2, 2020, 1–13.

Lord-Attivor, R., Jha, M.: Modeling gap acceptance and driver behavior at stop controlled (priority) intersections in developing countries. In Proceedings of the 6th WSEAS international conference on Computer Engineering and Applications, and Proceedings of the 2012 American conference on Applied Mathematics, World Scientific and Engineering Academy and Society (WSEAS). 2012.

Apriansyah D., Suyono R.S., Azwansyah, H.: Analisis GAP pada persimpangan jalan di Kota Pontianak. JeLAST: Jurnal PWK, Laut, Sipil, Tambang, 5, 2, 2018, 1-14.

Dharmayanto H., Ismail: Analisa panjang antrian dengan tundaan persimpangan bersinyal (studi kasus: persimpangan Patal - Pusri). Jurnal Teknik Sipil, 2019, 1-6.

Menteri Perhubungan Republik Indonesia: Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 96 Tahun 2015.