Dampak angkutan tanaman pangan dan perkebunan terhadap karakteristik lalu-lintas di Kecamatan Jati Agung - Kabupaten Lampung Selatan

Main Article Content

Mohammad Nazir
Muhammad Karami
Rahayu Sulistyorini

Abstract

Kecamatan Jati Agung berada di perbatasan Kabupaten Lampung Selatan dan Kota Bandar Lampung, juga berdekatan dengan lokasi Jalan Tol Trans Sumatra, Institut Teknologi Sumatra (ITERA) dan pengembangan kota baru, menyebabkan pertumbuhan ekonomi meningkat sangat pesat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bangkitan perjalanan yang berasal dari daerah produksi di Kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan dan dampaknya terhadap karakteristik lalu-lintas. Metode penelitian yang dilakukan adalah membandingkan nilai volume lalu-lintas, kecepatan tempuh rata-rata kendaraan ringan dan derajat kejenuhan antara lalu-lintas dalam keadaan normal dan lalu-lintas saat terdapat angkutan pangan dan perkebunan. Hasil penelitian menunjukkan variasi arus dalam waktu pada zona wilayah bangkitan perjalanan (wilayah studi) adalah dengan terjadinya perubahan kecepatan tempuh rata – rata (LV) saat survey lapangan (V1) yaitu 47,502 km/jam dengan nilai derajat kejenuhan  0,186. Saat ditambahkan angkutan hasil panen produksi tanaman pangan dan perkebunan (bangkitan perjalanan) (V2) adalah 42.5 km/jam dengan nilai derajat kejenuhan taksiran 0,252. Oleh sebab itu, perlu meningkatkan fasilitas perlengkapan jalan untuk keselamatan dan untuk mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas di jalan.

Article Details

Section
Articles

References

Pradhan, R.P., Bagchi, T.P.: Effect of transportation infra-structure on economic growth in India: The VECM approach. Research in Transportation Economics, 38(1), 2013, 139-148.

Banerjee, A., Duflo, E., Qian, N.: On the road; access to trasnporattion infrastructure and economic growth in China. Working Paper 17897, National Bureau of Economic Research, Cambridge, USA, 2012.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Lampung Selatan: Kabupaten Lampung Selatan Dalam Angka, 2018.

Button, K.J.: Trasnport Economic, 2nd Edition, Edward Elgar Publishing Limited, England, 1994.