Optimasi operasi waduk Temburun di Kabupaten Kepulauan Anambas untuk pemenuhan kebutuhan air baku

Main Article Content

Febriyani Febriyani
Endro Prasetyo Wahono
Dyah Indriana Kusumastuti

Abstract

Tujuan penelitian adalah menganalisis simulasi dan optimasi operasi waduk Temburun dalam memenuhi kebutuhan air bersih. Penelitian dibagi tiga tahapan utama, yaitu tahap menentukan kapasitas waduk, tahap menentukan debit andalan (inflow) dan tahap memproyeksikan jumlah kebutuhan air baku (outflow). Kemudian dilakukan tahap simulasi dan optimasi waduk dalam dua skenario, optimasi kriteria 1 dan optimasi kriteria 2. Untuk menentukan kapasitas waduk, diperlukan data topografi, peta daerah aliran sungai (DAS), data luas genangan dan volume waduk. Kemudian, untuk mendapatkan data inflow, data yang diperlukan adalah data curah hujan, data klimatologi dan data debit aliran, yang kemudian didapat debit andalan. Setelah itu, untuk mendapatkan data proyeksi outflow, diperlukan data jumlah penduduk dan data jumlah kapal, yang kemudian dilakukan proyeksi sampai tahun 2038. Untuk tahap simulasi, ditetapkan debit andalan sebagai inflow dan kebutuhan air baku sebagai outflow. Hasil penelitian menunjukkan, untuk memenuhi kebutuhan air sebesar 100% selama lima tahun, pelepasan dilakukan setelah air dibiarkan terisi dalam debit inflow yang ada selama 12 periode (Januari 1 sampai Juni 2) di tahun pertama. Selanjutnya, untuk memenuhi 70% dari kebutuhan air baku pelayaran dan 85% kebutuhan air baku domestik dengan kapasitas tampungan waduk terisi 95% dari inflow, pelepasan dilakukan setelah air terisi selama 15 periode sejak Januari 1 hingga Agustus 1 di tahun pertama.

Article Details

Section
Articles

References

Republik Indonesia: Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2008 tentang Pembentukan Kabupaten Kepulauan Anambas di Provinsi Kepulauan Riau. Jakarta, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, 2008.

Ramadhan, K., Masimin, M., Syamsidik S.: 2018. Kajian pola operasi waduk Keureuto untuk memenuhi kebutuhan air baku di Kabupaten Aceh Utara Provinsi Aceh. Jurnal Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala, 1(4), 2018, 1059 – 1070.

Marselina, M., Sabar, A.: Model prakiraan debit air dalam rangka optimalisasi pengelolaan waduk Saguling – Kaskade Citarum. Jurnal Purifikasi, 17(1), 2017, 99–108.

Natalia, K.P.R.: Penyusunan rule curve waduk menggunakan model program dinamik deterministik. Jurnal Teknik Sipil, 8 (3), 2008, 225–236.

Wesli, W.: Operasional waduk. Teras Jurnal, 3 (2), 2017, 85–94.

Samosir, C.S., Soetopo, W., Yuliani, E.: Optimasi pola operasi waduk untuk memenuhi kebutuhan energi pembangkit listrik tenaga air (studi kasus waduk Wonogiri). Jurnal Teknik Pengairan, 6 (1), 2015, 108-115.

Nuraeni, Y.: Metode memperkirakan debit air yang masuk ke waduk dengan metode stokastik chain markov (contoh kasus: pengoperasian waduk air Saguling). Jurnal Teknik Sipil, 18 (2), 2011, 1–14.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Kepulauan Anambas: Statistik daerah Kabupaten Kepulauan Anambas 2018.

NSPM Permukiman dan Prasarana Wilayah: Pedoman/ petunjuk teknik dan manual - bagian 6: Air minum perkotaan-sistem penyediaan air minum perkotaan, Jakarta, 2002, Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah.