Kinerja dan pelayanan angkutan umum di Kota Bandar Lampung

Main Article Content

Akbar Rifai
Rahayu Sulistyorini
Bambang Utoyo

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kinerja dan pelayanan angkutan kota di Bandar Lampung. Untuk itu, dilakukan penelitian terhadap tiga jenis angkutan umum yang beroperasi di Kota Bandar Lampung yaitu bus Trans Bandar Lampung, angkutan kota dan angkutan online. Dua aspek yang akan dianalisis dalam dalam penelitian ini adalah aspek kinerja dan aspek pelayanan angkutan umum. Pengumpulan data setiap jenis angkutan umum adalah jumlah armada, waktu operasi, rute angkutan, tarif, jumlah penumpang naik dan turun disetiap perberhentian (halte), frekunesi kenda-raan dan kecepatan perjalanan. Selanjutnya, data kuisioner (wawancara) dengan pengguna jasa angkutan umum  sebanyak 400 orang untuk mengetahui kualitas pelayanan angkutan umum meliputi fisik kendaraan, pelayanan, daya tanggap, kredibelitas, kompetensi dan keamanana. Terlihat bahwa nilai rata-rata paling tinggi adalah angkutan online sebesar 69,7%, dengan indikator keamanan memiliki nilai paling tinggi sebesar 82%. Kemudian diikuti oleh angkutan bus Trans dengan nilai total rata-rata sebesar 58,6% dengan indikator kredibilitas memiliki nilai paling tinggi sebesar 70,35%, dan yang terakhir adalah angkot dengan nilai total rata-rata sebesar 33,4% dengan indikator kredibilitas memiliki nilai paling tinggi sebesar 51,7%.

Article Details

Section
Articles

References

Transportation Research Board.: Performance-based measures in Transit Fund Allocation. A Synthesis o. 2004.

Eboli, L., Mazzulla, G.: Performance indicators for an objective measure of public transport service quality. 2012.

Litman, T.: A good of bad transportation performance evaluation”, Working paper, Victoria Transport Policy Institute. 2009.

Meyer, M.: Measuring that which cannot be measured at least according to conventional wisdom, Transportation Research Board - Proceedings from the 26th Annual Meeting on Performance Measures to Improve Transportation Systems and Agency Operations, Irvine, October 29-November 1. 2000.

Diana, M., Daraio, C.: Performance indicators for urban public transport systems with a focus on transport policy effectiveness issues. World Conference on Transport Research, (WCTR, Lisboa 2010). Paper. Lisboa, World Conference on Transport Research. 2010.