Analisis kehilangan energi pada berbagai bentuk bangunan peralihan

Main Article Content

Andi Ulfa Mutiah
Nirwana Nilan Ramdhani
Faraouk Maricarc
Fauzan Hamdi

Abstract

Saluran terbuka adalah aliran di saluran dimana air mengalir dengan permukan bebas. Pada saluran terbuka sangat umum ditemukan bangunan peralihan khususnya pada jaringan irigasi dan drainase. Salah satu ciri dari bangunan peralihan yakni dimensi saluran yang mengalami perubahan secara mendadak (penyempitan), menyebabkan aliran akan mengalami perubahan disebabkan oleh dimensi bangunan yang berubah secara mendadak. Adanya bangunan peralihan dan penyempitan akan membuat tinggi muka air, kecepatan, debit dan energi berubah. Energi atau tenaga yang besar ini akan menyebabkan gerusan pada bangunan dan menyebabkan kerusakan dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena permasalahan tersebut diatas, dilakukan penelitian laboratorium yang memuat tiga macam bentuk bangunan peralihan yang mengalami penyempitan, bentuk bangunan peralihan sangat beragam oleh karena itu kami menggunakan tiga bentuk yaitu segiempat, segitiga dan stream line yang dibuat menggunakan bahan lembaran acrylic. Dari tiga bentuk bangunan peralihan tersebut dilakukan peninjauan nilai energi spesifik dan kehilangan energi. Adapun hasil dari penelitian tersebut, kehilangan energi terbesar pada bangunan peralihan segiempat, kemudian kehilangan energi terendah terjadi pada bangunan peralihan streamline.

Article Details

Section
Articles

References

Daud, F., Andi, S.N., Gifari, R., Rani, A.: Karakteristik pengaliran. Junal Teknik Hidro, 11, 1, 2018, 23-30.

Chow, V.T.: Hidrolika Saluran Terbuka, Errlangga, Jakarta, 1992.

Mutiah, U.: Analisis kehilangan energi pada berbagai bentuk bangunan peralihan. Journal of Muhammadiyah’s Application Technology, 1, 3 (2022).

Yusuf, M.: The effect of stepped spillway to the length of hidraulic jump and energy loss in stilling bassin. International Conference on Infrastructure Development, 2013, 1-3.

Binilang, A.: Kajian pengaruh hubungan antar parameter hidrolis terhadap sifat aliran melewati pelimpah bulat san setengah lingkaran pada saluran terbuka. Jurnal Ilmiah Media Engineering, 4, 1, 2014, 55-61.