Optimalisasi pengelolaan gerbang tol Kalianda di Propinsi Lampung

Main Article Content

Melisa Anggraini
Rahayu Sulistyorini
Ahmad Zakaria

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kinerja pelayanan gardu tol pada gerbang tol Kalianda, Lampung Selatan, dan jumlah gardu tol optimal sesuai dengan tingkat kedatangan kendaraaan. Penelitian ini dilakukan di gerbang tol dan data yang digunakan adalah jumlah gardu tol saat ini, kedatangan kendaraan pada gardu standar pelayanan minimal, sarana-prasarana dan lalu lintas harian. Dari hasil penelitian diperoleh kinerja pelayanan gardu tol Kalianda saat ini (2019) masih cukup optimal untuk digunakan dikarenakan masih mampu memberikan pelayanan secara cepat sehingga tidak menimbulkan antrian yang cukup panjang. Untuk tahun 2029, gardu tol Kalianda untuk waktu pelayanan 2-8 detik masih cukup optimal melayani kendaraan, namun untuk waktu pelayana 9-14 detik membutuhkan perencanaan ulang dikarenakan gardu tol sudah tidak mampu lagi memberikan pelayanan secara maksimal untuk 804 kendaraan. Jumlah gardu tol optimal sesuai dengan tingkat kedatangan kendaraaan yang ada  sebagai berikut: (a) untuk waktu pelayanan 4 dan 5 detik, dan untuk kendaraan yang akan masuk dan keluar jalan tol, gardu tol yang dibutuhkan untuk masing-masing arah tetap dua gardu tol untuk melayani 804 kendaraan, (b) untuk waktu pelayanan 9 detik dan untuk kendaraan yang akan keluar gerbang tol dibutuhkan penambahan dua gardu tol sehingga dibutuhkan 4 gardu tol untuk melayani kedatangan kendaraan sebanyak 804 kendaraan.

Article Details

Section
Articles