Penerapan pemanenan air hujan dalam menyediakan air domestik dan mengurangi debit drainase di daerah perkotaan

Main Article Content

Muhammad Hakiem Putra

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan pemanfaatan air hujan dengan cara pemanenan air hujan (rain water harvesting) dalam menyediakan air domestik dan mengurangi debit drainase di Kota Bandar Lampung. Pada pelaksaannya dilakukan simulasi pada setiap kondisi dan kualifikasi. Simulasi dilakukan pada setiap luas atap rumah dan setiap klasifikasi tahun hujan, dengan volume tangki 2 m³, 4 m³ dan 8 m³. Simulasi dilakukan untuk menghitung inflow, outflow, storage, volume tampungan terisi, limpasan, dan kebutuhan air yang harus dipenuhi dari sumber lain. Hasil dari penelitian ini didapatkan nilai daya dukung pemanenan air hujan (DDPAH) adalah 5% - 45% dan nilai pengurangan debit drainase adalah 40 m3 – 420 m3. Dapat disimpulkan bahwa DDPAH dan pengurangan debit drainase berada dalam kategori baik.

Article Details

Section
Articles

References

Song, J., Mooyoung, H., Tschungil, K., Jee-eun, S.: Rainwater harvesting as a sustainable water supply option in Banda Aceh. Desalination, 248, 2009..

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). 2015. Data curah hujan bulanam satuan milimeter (mm) periode 2011-2015 Provinsi Lampung. BMKG Stasiun Geofisika.

Aladenola, O.O., Adeboye, O.B.: Assessing the potential for rainwater harvesting. Water resources management, 24, 10, 2010, 2129-2137.

Nachshon, U., Netzer, L., Livshitz, Y.: Land cover properties and rain water harvesting in urban environments. Sustainable Cities and Society, 27, 2016, 398-406.

Che-Ani, A.I., Shaari, N., Sairi, A., Zain, M.F.M., Tahir, M.M.: Rainwater harvesting as an alternative water supply in the future. European Journal of Scientific Research, 34, 1, 2009, 132-140.

Appan, A.: A dual-mode system for harnessing roofwater for nonpotable uses. Urban Water, 1(4). 1999.

Zhang, Y., Donghui, C., Liang, C., Stephanie, A.: Potential for rainwater use in high rise buildings in Australia cities. Journal of Environmental Management, 91, 2009.