Evaluasi kinerja PDAM Tirta Jasa di Kabupaten Lampung Selatan

Main Article Content

Meli Suprayitno
Dyah Indriana Kusumastuti
Endro Prasetyo Wahono

Abstract

Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) merupakan kegiatan yang bertujuan membangun, memperluas dan meningkatkan sistem fisik dan non fisik dalam kesatuan yang utuh untuk melaksanakan penyediaan air minum kepada masyarakat menuju keadaan yang lebih baik. Sebagai salah satu penyelenggaran SPAM, PDAM dituntut untuk mampu memberikan pelayanan penyediaan air bersih yang sebaik-baiknya kepada masyarakat, disamping mencari keuntungan untuk membiayai serta menghidupi kelangsungan perusahaan itu sendiri. Untuk mengetahui kualitas pelayanan tersebut, perlu dipantau dan dievaluasi melalui suatu ukuran tingkat keberhasilan pengelolaan terhadap kinerjanya. Kegiatan kajian evaluasi kinerja PDAM Tirta Jasa Kabupaten Lampung Selatan secara garis besar dilakukan melalui tahapan inventarisasi data; verifkasi, validasi dan updating; evaluasi kinerja PDAM dan penetapan status kinerja PDAM. Penilaian kinerja PDAM menggunakan empat aspek yaitu aspek keuangan, pelayanan, operasional, sumber daya manusia dan delapan belas indikator penilaian kinerja. Bobot aspek keuangan 25%, aspek pelayanan 25%, aspek operasional 35%, dan aspek sumber daya manusia 15%. Hasil penilaian empat aspek tersebut selanjutnya dikelompokkan dalam 3 (tiga) kategori kinerja PDAM yaitu: Sehat, dengan nilai > 2,8; Kurang Sehat, dengan nilai 2,2 - 2,8; dan Sakit, dengan nilai < 2,2.

Article Details

Section
Articles

References

Pratama, F.A., Rahdriawan, M., Wahyono, H., Damayanti, M. and Artiningsih, A.: Estimasi daya beli air PDAM masyarakat permukiman kumuh Kelurahan Mangkang Wetan Semarang. Jurnal Riptek, 14(2), 2020,143-152.

Damayanti, A.P., Sumaryati, S.: Pengaruh kompensasi dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan perusahaan daerah air minum (PDAM) Surakarta. Jupe-Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1), 2013.

Wiratama, I. N. J. A., Sintaasih, D.K.: Pengaruh kepemimpinan, diklat, dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan PDAM Tirta Mangutama Kabupaten Badung. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan, 7(2), 2013, 126-134.

Huda, A.Z. 2013. Analisis Kinerja Dengan Pendekatan Balance Scorecard (Studi Kasus PDAM Tirta Dharma Kabupaten Klaten). Jurnal Publikasi Universitas Muhammadyah Surakarta

Badan Peningkatan Penyelenggaran Sistem Penyediaan Air Minum. Petunjuk Teknis Penilaian Kinerja PDAM, 2010. http://bppspam.com/